psikologi

OUTLINE MATA KULIAH 

PSIKOLOGI PENDIDIKAN

Semester Genap Tahun akademik 2010/2011

 

 

1. Identitas

Dosen                       : H a r y u, M.Si

Jurusan                     : Tarbiyah

Mata Kuliah / Kode : Psikologi Pendidikan

Jumlah SKS                         : 3 (tiga) SKS
Prodi                        : PAI/PBA /YAKIN

Semester / Kelas       : IV (E,D,L,H2)

Hari / Jam                 : Ahad, Senin dan Rabu

Jam                           : (13.00-14.15),( 08.00-10.15),(15.15-17.35)

Ruang                       : 3

 

2. Deskripsi Matakuliah

Psikologi belajar sebagai salah satu disiplin ilmu sosial yang selalu mengalami dinamika dan perubahan kearah yang lebih progresif. Kalau dicermati lebih mendalam bahwa psikologi pendidikan bertujuan agar mahasiswa memahami gejala-gejala kejiwaan dan tingkah laku manusia khususnya peserta didik yang berkaitan dengan pendidikan. Materi perkuliahan psikologi pendidikan akan menyajikan tentang manfaat mempelajari psikologi pendidikan bagi guru dan calon guru, teori tentang perbedaan Individu (baik itu yang berkaitan dengan kepribadiannya maupun Intelegensinya, dan yang paling penting adalah teori-teori tentang belajar, serta membahas faktor-faktor apa yang mempengaruhi proses belajar. Atas dasar teori-teori itu pula diharapkan mampu mengatasi masalah kesulitan belajar dalam dunia pendidika, yang mungkin nantinya akan ditemui oleh mahasiswa selaku calon guru baik terhadap dirinya sendiri maupun peserta didiknya kelak. Oleh karena itu, yang paling urgen dibahas dalam mata kuliah Psikologi pendidikan adalah memberikan  insight dan pengetahuan baik secara teorirtis maupun praktis, sehingga setelah mahasiswa mengikuti mata kuliah Psikologi belajar akan dapat memberikan jawaban serta menjelaskan  pertanyaan-pertanyaan sekitar “apa”, “bagaimana.”, dan “mengapa” tingkah laku manusia itu terjadi. Dan lebih penting lagi mahasiswa dapat menjadikan teori-teori itu sebagai kerangka acuan untuk memahami dan menjelaskan tingkah laku kita sendiri dan orang lain khususnya dalam dunia pendidikan.

3. Standar Kompetensi

Mahasiswa mampu memahami dan menjelaskan secara umum tentang gejala-gejala kejiwaan manusia, Perkembangan dan Perbedaan Induvidu, khususnya anak didik dalam hubungannya dengan proses belajar, teori-teori belajar  serta dapat mengaplikasikannya dalam proses belajar mengajar sesuai dengan kedudukannya sebagai guru.

4. Kompetensi Dasar Pembelajaran

Setelah terjadi proses pembelajaran, maka pada akhir perkuliahan mahasiswa Mampu:

  1. Memahami definisi, latar belakang, Peran dan ruang lingkup psikologi Pendidikan.
  2. Memahami Gejala-gejala kejiwaan manusia
  3. Memahami Perkembangan Individu
  4. Memahami Perbedaan Individu.
  5. Memahami Masalah yang berkaitan dengan Belajar.
  6. Menganalisa teori Belajar dan aplikasinya dalam dunia pendidikan.

5. Indikator (Tujuan Pembelajaran)

Pada akhir perkuliahan, mahasiswa diharapkan mampu untuk :

1.      Menjelaskan definisi, sejarah, peran dan ruang lingkup Psikologi Pendidikan

2.      Menjelaskan berbagai istilah pertumbuhan dan perkembangan anak didik

3.      Menjelaskan dan menguraikan perbedaan individu dalam belajar.

4.      Mampu menjelaskan dan menguraikan teori-teori belajar serta factor-faktor yang mempengaruhi belajar

5.      Mampu menjelaskan dan mendefinisikan teori-teori belajar dan faktor-faktor yang mempengaruhi proses belajarenguraikan proses lupa, kejenuhan dalam belajar

6.      Mampu menjelaskan dan mendeskripsikan motivasi, kesulitan dan system evaluasi dalam belajar

 

6. Topik dan jadwal kuliah

 

NO

Pertemuan

Topik

1

I

Overview rencana kuliah dan kontrak belajar

2

II

Defenisi dan Sejarah Perkembangan Psikologi

3

III

Ruang lingkup Psikologi Pendidikan

4

IV

Manfaat psikologi pendidikan dalam Dunia Pendidikan

5

V

Pertumbuhan dan Perkembangan anak didik

6

VI

Faktor-faktor yang Mempengaruhi Proses Belajar

7

VII

Mid Semester

8

VIII

Teori – teori Psikologi Pendidikan Behavioristik (E.L. Thorndike)

9

IX

Teori – teori Psikologi Pendidikan Behavioristik (B.F Skinner)

10

X

Teori – teori Psikologi Pendidikan Kognitif (Gestal)

11

XI

Belajar dan Lupa

12

XII

Motivasi belajar

13

XIII

Kesulitan belajar

14

XIV

Ujian akhir semester

7.   Buku Referensi pokok:

 

1.      Teories of Learning. B.R Hergenhahn dan mattew H. Olson

2.      Psikologi Perkembangan. J.W. Santrock

3.      Sumadi Suryabrata, 2000, “Psikologi Pendidikan”, Raja Grafindo Persada, Jakarta

4.      M. Dalyono, 2001, “Psikologi Pendidikan”, Rineka Cipta, Jakarta

5.      Muhibbin Syah, 2000, “Psikologi Pendidikan dengan Pendektan Baru”, Remaja Rosdakarya, Bandung.

6.      M. Dimyati Mahmud, 1998, “Psikologi Pendidikan”, Fakultas Ilmu Pendidikan, Universitas Negeri Yogyakarta.

 

8. Strategi Pembelajaran

Pada umumnya materi perkuliahan diberikan dengan metode “ceramah”, namun mahasiswa harus terlibat secara aktif dalam perkuliahan. Selain itu beberapa materi juga diberikan dengan metode “Jigsaw Learning” , dimana setelah dosen memberikan arahan mahasiswa dibagi dalam beberapa kelompok setiap kelompok mendapat tugas membaca dan memahami materi kuliah yang berbeda-beda. Setiap kelompok mengirimkan anggotanya ke kelompok lain untuk menyampaikan apa yang telah mereka pelajari di kelompoknya. Selain diskusi kelompok dosen juga memberikan tugas tambahan individu untuk mencari persoalan kontemporer melalui Internet dan dianalisis serta dikaitkan berdasarkan teori yang telah dipelajari.

9. Evaluasi

Penilaian hasil akhir belajar mahasiswa dilakukan dengan menggunakan penilaian Portofolio yaitu berupa penilaian terhadap tugas kelompok dan individu, tes Mid, serta keaktivan mahasiswa dalam tanya jawab dalam diskusi maupun ketika pemberian materi tambahan selama perkuliahan. Adapun aspek-aspek yang dinilai adalah sebagai berikut :

1.      Mid-Semester = 20 %, yaitu berupa tes tertulis dengan materi yang telah diberikan dari awal perkuliahan sampai materi sebelum mid semester

2.      Ujian Akhir  = 30 %, berupa tes tertulis yang dilaksanakan pada akhir semester. Materi dimulai dari perkuliahan setelah mid-semester

3.      Performance (kinerja) = 30 %, yaitu keaktifan mahasiswa dalam mengerjakan tugas kelompok dan individu serta

4.      Keaktifan dikelas 20 % yaitu keaktifan mahasiswa dalam mengikuti perkuliahan (kehadiran maupun keaktiafan dalam Tanya jawab (diskusi) atau mengkritisi materi yang disampaikan dosen dikelas)

 

10. Lain-lain

Kepada mahasiswa yang mengambil matakuliah ini ditekankan untuk :

1.      Menjadikan outline perkuliahan ini sebagai pedoman dalam mengikuti seluruh proses pembelajaran untuk mata kuliah ini.

2.      Berpartisipasi seoptimal mungkin dalam perkuliahan ini.

3.      Menggunakan kesempatan dan peluang yang ada sebaik mungkin untuk memperoleh   pengetahuan dan nil;ai sekaligus.

4.      Mengkomunikasikan kepada dosen, jika menghadapi problem dalam pelaksanaan tugas pada perkuliahan ini.

5.      Mentaati kode etik mahasiswa yang berlaku di STAIN Jember, khususnya masalah sopan santun  berpakaian dan batas minimum mengikuti perkuliahan.

6.      Mentaati disiplin waktu dengan toleransi keterlambatan 10 menit.

Dosen Pembina

(H a r y u, S.Ag, M.Si)

NIP. 19740402 200501 1 005

Mengetahui

Ketua Prodi PAI                                                         Ketua Jurusan Tarbiyah

(Drs. S a r w a n, M.Pd)                                              (Dr. Syamsun Ni’am, M.Ag)

NIP. 19631231 199303 1 028                                                NIP. 19730214 200003 1 001

OUTLINE MATA KULIAH 

PSIKOLOGI PENDIDIKAN

Semester Genap Tahun akademik 2010/2011

 

 

1. Identitas

Dosen                       : Fuadatul Huroniyah, M. Si

Jurusan                     : Tarbiyah

Mata Kuliah / Kode : Psikologi Pendidikan

Jumlah SKS                         : 3 (tiga) SKS
Prodi                        : KI

Semester / Kelas       : III – J

Hari / Jam                 : Kamis (10.15- 12.00)

Ruang                       :

2. Deskripsi Matakuliah

Psikologi belajar sebagai salah satu disiplin ilmu sosial yang selalu mengalami dinamika dan perubahan kearah yang lebih progresif. Kalau dicermati lebih mendalam bahwa psikologi pendidikan bertujuan agar mahasiswa memahami gejala-gejala kejiwaan dan tingkah laku manusia khususnya peserta didik yang berkaitan dengan pendidikan. Materi perkuliahan psikologi pendidikan akan menyajikan tentang manfaat mempelajari psikologi pendidikan bagi guru dan calon guru, teori tentang perbedaan Individu (baik itu yang berkaitan dengan kepribadiannya maupun Intelegensinya, dan yang paling penting adalah teori-teori tentang belajar, serta membahas faktor-faktor apa yang mempengaruhi proses belajar. Atas dasar teori-teori itu pula diharapkan mampu mengatasi masalah kesulitan belajar dalam dunia pendidika, yang mungkin nantinya akan ditemui oleh mahasiswa selaku calon guru baik terhadap dirinya sendiri maupun peserta didiknya kelak. Oleh karena itu, yang paling urgen dibahas dalam mata kuliah Psikologi pendidikan adalah memberikan  insight dan pengetahuan baik secara teorirtis maupun praktis, sehingga setelah mahasiswa mengikuti mata kuliah Psikologi belajar akan dapat memberikan jawaban serta menjelaskan  pertanyaan-pertanyaan sekitar “apa”, “bagaimana.”, dan “mengapa” tingkah laku manusia itu terjadi. Dan lebih penting lagi mahasiswa dapat menjadikan teori-teori itu sebagai kerangka acuan untuk memahami dan menjelaskan tingkah laku kita sendiri dan orang lain khususnya dalam dunia pendidikan.

3. Standar Kompetensi

Mahasiswa mampu memahami dan menjelaskan secara umum tentang gejala-gejala kejiwaan manusia, Perkembangan dan Perbedaan Induvidu, khususnya anak didik dalam hubungannya dengan proses belajar, teori-teori belajar  serta dapat mengaplikasikannya dalam proses belajar mengajar sesuai dengan kedudukannya sebagai guru.

4. Kompetensi Dasar Pembelajaran

Setelah terjadi proses pembelajaran, maka pada akhir perkuliahan mahasiswa mampu:

a.       Memahami definisi, latar belakang, Peran dan ruang lingkup psikologi Pendidikan.

b.      Memahami Gejala-gejala kejiwaan manusia

c.       Memahami Perkembangan Individu.

d.      Memahami Perbedaan Individu.

e.        Memahami Masalah yang berkaitan dengan Belajar.

f.       Menganalisa teori Belajar dan aplikasinya dalam dunia pendidikan.

5. Indikator (Tujuan Pembelajaran)

Pada akhir perkuliahan, mahasiswa diharapkan mampu untuk :

a.       Menjelaskan definisi, sejarah, peran dan ruang lingkup Psikologi Pendidikan.

b.      Menjelaskan berbagai istilah pertumbuhan dan perkembangan anak didik

c.       Menjelaskan dan menguraikan perbedaan individu dalam belajar.

d.      Mampu menjelaskan dan menguraikan teori-teori belajar serta factor-faktor yang mempengaruhi belajar

e.       Mampu menjelaskan dan mendefinisikan teori-teori belajar dan faktor-faktor yang mempengaruhi proses belajarenguraikan proses lupa, kejenuhan dalam belajar.

f.       Mampu menjelaskan dan mendeskripsikan motivasi, kesulitan dan system evaluasi dalam belajar

6. Topik dan jadwal kuliah

 

NO

Pertemuan

Topik

1

I

Overview rencana kuliah dan kontrak belajar

2

II

Defenisi dan Sejarah timbulnya Psikologi Pendidikan

3

III

Peran dan Ruang lingkup Psikologi Pendidikan

4

IV

Manfaat psikologi pendidikan bagi calon guru

5

V

Pertumbuhan dan Perkembangan anak didik

6

VI

Perbedaan individu dalam belajar

7

VII

Mid Semester

8

VIII

Faktor-faktor yang Mempengaruhi Proses Belajar

9

IX

Teori – teori Psikologi Pendidikan (Behavioristik )

10

X

Teori – teori Psikologi Pendidikan (Kognitif)

11

XI

Lupa dan Kejenuhan

12

XII

Motivasi belajar

13

XIII

Kesulitan belajar

14

XIV

Ujian akhir semester

7. Buku Referensi pokok:

a.       Sumadi Suryabrata, 2000, “Psikologi Pendidikan”, Raja Grafindo Persada, Jakarta.

b.      M. Dalyono, 2001, “Psikologi Pendidikan”, Rineka Cipta, Jakarta

c.       Muhibbin Syah, 2000, “Psikologi Pendidikan dengan Pendektan Baru”, Remaja Rosdakarya, Bandung.

d.      M. Dimyati Mahmud, 1998, “Psikologi Pendidikan”, Fakultas Ilmu Pendidikan, Universitas Negeri Yogyakarta.

 

8. Strategi Pembelajaran

Pada umumnya materi perkuliahan diberikan dengan metode “ceramah”, namun mahasiswa harus terlibat secara aktif dalam perkuliahan. Selain itu beberapa materi juga diberikan dengan metode “Jigsaw Learning” , dimana setelah dosen memberikan arahan mahasiswa dibagi dalam beberapa kelompok setiap kelompok mendapat tugas membaca dan memahami materi kuliah yang berbeda-beda. Setiap kelompok mengirimkan anggotanya ke kelompok lain untuk menyampaikan apa yang telah mereka pelajari di kelompoknya. Selain diskusi kelompok dosen juga memberikan tugas tambahan individu untuk mencari persoalan kontemporer melalui Internet dan dianalisis serta dikaitkan berdasarkan teori yang telah dipelajari.

9. Evaluasi

Penilaian hasil akhir belajar mahasiswa dilakukan dengan menggunakan penilaian Portofolio yaitu berupa penilaian terhadap tugas kelompok dan individu, tes Mid, serta keaktivan mahasiswa dalam tanya jawab dalam diskusi maupun ketika pemberian materi tambahan selama perkuliahan. Adapun aspek-aspek yang dinilai adalah sebagai berikut :

a.       Mid-Semester = 20 %, yaitu berupa tes tertulis dengan materi yang telah diberikan dari awal perkuliahan sampai materi sebelum mid semester

b.      Ujian Akhir  = 30 %, berupa tes tertulis yang dilaksanakan pada akhir semester. Materi dimulai dari perkuliahan setelah mid-semester

c.       Performance (kinerja) = 30 %, yaitu keaktifan mahasiswa dalam mengerjakan tugas kelompok dan individu serta

d.      Keaktifan dikelas 20 % yaitu keaktifan mahasiswa dalam mengikuti perkuliahan (kehadiran maupun keaktiafan dalam Tanya jawab (diskusi) atau mengkritisi materi yang disampaikan dosen dikelas)

 

10. Lain-lain

Kepada mahasiswa yang mengambil matakuliah ini ditekankan untuk :

a.       Menjadikan outline perkuliahan ini sebagai pedoman dalam mengikuti seluruh proses pembelajaran untuk mata kuliah ini.

b.      Berpartisipasi seoptimal mungkin dalam perkuliahan ini.

c.       Menggunakan kesempatan dan peluang yang ada sebaik mungkin untuk memperoleh   pengetahuan dan nil;ai sekaligus.

d.      Mengkomunikasikan kepada dosen, jika menghadapi problem dalam pelaksanaan tugas pada perkuliahan ini.

e.       Mentaati kode etik mahasiswa yang berlaku di STAIN Jember, khususnya masalah sopan santun  berpakaian dan batas minimum mengikuti perkuliahan.

f.       Mentaati disiplin waktu perkuliahan tanpa toleransi waktu keterlambatan

Desen Pembina

(Fuadatul Huroniyah, M. Si)

NIP. 19750524 200003 2 002

Mengetahui

Ketua Prodi PAI                                                         Ketua Jurusan Tarbiyah

(Drs. S a r w a n, M.Pd)                                              (Dr. Syamsun Ni’am, M.Ag)

NIP. 19631231 199303 1 028                                                NIP. 19730214 200003 1 001

Posted on Agustus 9, 2011, in psikologi pendidikan. Bookmark the permalink. Tinggalkan komentar.

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

Ikuti

Get every new post delivered to your Inbox.

%d bloggers like this: